Nama : Devanda Tasya N
NIM : 19107030061
Kelas : Hukum Etika Periklanan (A)
ANALISIS SEMIOTIK DALAM IKLAN
SEDERHANA
1.
Iklan
CNN Internasional
a.
Penanda : resleting terbuka
b.
Pertanda : kemampuan melihat lebih dalam
c.
Tanda :
resleting terbuka
Kesimpulan :
sebagai penanda, resleting terbuka tidak memiliki makna apa-apa, hanya sekadar
gambar saja. Sedangkan sebagai pertanda resleting diartikan sebagai kemampuan
untuk melihat lebih dalam lagi dalam suatu berita
2.
Dua buah bibir dengan salah satu bibir memiliki lekukan senyum sebagai
tetap indah dalam kondisi
a.
Penanda : dua bibir dengan salah satunya
terdapat lekukan senyum
b.
Pertanda : tetap indah dalam kondisi apapun
c.
Tanda : dua buah bibir
Kesimpulan
: sebagai penanda, dua buah bibir tersebut tidak memiliki makna apa-apa.
Sedangkan sebagai pertanda, melambangkan kecantikan dalam kondisi apapun.
3.
Black
Ribbon Michael Jackson
a.
Penanda : pita hitam
b.
Pertanda : kesedihan
c.
Tanda : pita hitam
Kesimpulan :
sebagai penanda, pita hitam hanyalah sekedar pita berwarna hitam. Sedangkan
sebagai pertanda, pita hitam dalam iklan tersebut melambangkan kesedihan akan
kepergian Michael Jackoson.
4.
Iklan
Lego Tank
a.
Penanda : bayangan tank
b.
Pertanda : imajinasi yang kuat
c.
Tanda : bayangan tank
Kesimpulan :
sebagai penanda, bayangan tank hanyalah sekedar gambar tanpa arti. Sedangkan
sebagai pertanda, bayangan ini menggambarkan imajinasi kuat yang akan
didapatkan saat bermain lego.
5.
Icon
musik dengan sarung tinju dapat diartikan suara musik yang kuat saat mendengarkan musik menggunakan Samsung Power
a.
Penanda : icon musik dengan sarung tinju
b.
Pertanda : suara musik yang kuat
c.
Tanda : icon musik dengan sarung tinju
Kesimpulan
: sebagai penanda, icon musik dengan sarung tinju justru terlihat aneh dan
tidak nyata. Sedangkan sebagai pertanda, hal ini menunjukkan bahwa musik yang
dihasilkan dari produk Samsung Power amat kuat hingga seolah-olah memukul telinga pendengarnya.
Komentar
Posting Komentar