Langsung ke konten utama

ANALISIS SEMIOTIK DALAM IKLAN SEDERHANA

 

Nama    : Devanda Tasya N

NIM      19107030061

Kelas    : Hukum Etika Periklanan (A)

 

ANALISIS SEMIOTIK DALAM IKLAN SEDERHANA

 

1.      Iklan CNN Internasional


Resleting terbuka dapat diartikan sebagai kemampuan melihat lebih dalam

a.       Penanda           : resleting terbuka

b.      Pertanda           : kemampuan melihat lebih dalam

c.       Tanda              : resleting terbuka

Kesimpulan : sebagai penanda, resleting terbuka tidak memiliki makna apa-apa, hanya sekadar gambar saja. Sedangkan sebagai pertanda resleting diartikan sebagai kemampuan untuk melihat lebih dalam lagi dalam suatu berita

 

2.      Iklan Jeternel Beauty Clinic Mouth


Dua buah bibir dengan salah satu bibir memiliki lekukan senyum sebagai tetap indah dalam kondisi

a.       Penanda          : dua bibir dengan salah satunya terdapat lekukan senyum

b.      Pertanda          : tetap indah dalam kondisi apapun

c.       Tanda              : dua buah bibir

Kesimpulan : sebagai penanda, dua buah bibir tersebut tidak memiliki makna apa-apa. Sedangkan sebagai pertanda, melambangkan kecantikan dalam kondisi apapun.


3.      Black Ribbon Michael Jackson

Pita hitam dapat diartikan kesedihan

a.       Penanda          : pita hitam

b.      Pertanda          : kesedihan

c.       Tanda              : pita hitam

Kesimpulan : sebagai penanda, pita hitam hanyalah sekedar pita berwarna hitam. Sedangkan sebagai pertanda, pita hitam dalam iklan tersebut melambangkan kesedihan akan kepergian Michael Jackoson.


4.      Iklan Lego Tank


Bayangan tank dapat diartikan imajinasi yang kuat saat bermain lego

a.       Penanda          : bayangan tank

b.      Pertanda          : imajinasi yang kuat

c.       Tanda              : bayangan tank

Kesimpulan : sebagai penanda, bayangan tank hanyalah sekedar gambar tanpa arti. Sedangkan sebagai pertanda, bayangan ini menggambarkan imajinasi kuat yang akan didapatkan saat bermain lego.


5.      Iklan Samsung Power


Icon musik dengan sarung tinju dapat diartikan suara musik yang kuat saat mendengarkan musik menggunakan Samsung Power

a.       Penanda          : icon musik dengan sarung tinju

b.      Pertanda          : suara musik yang kuat

c.       Tanda              : icon musik dengan sarung tinju

Kesimpulan : sebagai penanda, icon musik dengan sarung tinju justru terlihat aneh dan tidak nyata. Sedangkan sebagai pertanda, hal ini menunjukkan bahwa musik yang dihasilkan dari produk Samsung Power amat kuat hingga seolah-olah memukul telinga pendengarnya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANTARA MADU DAN COVID-19

ANTARA MADU DAN COVID-19 Devanda Tasya N (19107030061)   Iklan merupakan suatu hal yang amat melekat dalam kehidupan kita sehari-hari. Hampir setiap hari, kita menemui apa yang disebut iklan. Iklan adalah bagian dari bauran promosi (promotion mix) yang dimana bauran promosi merupakan bagian dari bauran pemasaran (marketing mix). Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, terdapat setidaknya dua definisi iklan. Pertama, iklan merupakan berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan. Definisi kedua dari iklan menurut KBBI ialah pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di dalam media massa (seperti surat kabar dan majalah) atau di tempat umum. Saat ini, iklan dapat ditemukan di berbagai tempat dan media. Dari mulai media konvensional seperti koran, radio dan televisi hingga media baru seperti Instagram, Facebook hingga Youtube. Iklan semakin bervariasi dari masa ke masa. Dari yang dulunya

KAITAN ETIKA PERIKLANAN INDONESIA DENGAN HUKUM LAIN YANG BERLAKU DI INDONESIA

  ETIKA PERIKLANAN INDONESIA TENTANG KESEHATAN DIKAITKAN    DENGAN HUKUM YANG BERLAKU DI INDONESIA Tugas Mata Kuliah Hukum dan Etika Periklanan   Disusun Oleh : Nitchia Rahma Althafia                (19107030038) Mifta Nur Rahma                            (19107030039) Husni Aby Muzaki                           (19107030040) Laela Jumrotin Mukharomah     (19107030042) Wisnu Adi Winahyu                       (19107030046) Fadhilah Budiman Hasibuan        (19107030058) Devanda Tasya Nuranita              (19107030061) Ananda Fauzi Munawaroh           (19107030062) Dinda Kinanthi R.A                        (19107030063) Rizky Setiawan                                (19107030084)     Kelas A PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA   2020 EPI merupakan regulasi iklan di Indonesia, yang mencakup seluruh bidang termasuk dalam bidang kesehatan. Berikut ini adalah peraturan dalam EPI mengenai kesehatan dan kaitannya dengan per